Cara Mengunci Dan Melacak Komputer / Laptop Yang Hilang Dari Jauh



Android dan Apple telah lama memberikan penggunanya untuk melacak dan menonaktifkan gadget mereka dari jarak jauh. Baru-baru ini Microsoft juga merilis fitur yang sama dengan memberikan kamu akses untuk melacak dan mengunci PC Windows kamu menggunakan "Find My Device" pada Windows 10.

Fitur ini menggunakan data lokasi perangkatmu untuk membantu menemukannya saat hilang atau dicuri. Kamu dapat menggunakan fitur ini untuk memastikan bahwa perangkat kamu terkunci sehingga tidak ada yang dapat menggunakannya, dan juga untuk menampilkan informasi tentang bagaimana orang yang menemukanya dapat mengembalikannya kepadamu.

Perangkat kamu harus memenuhi beberapa persyaratan untuk menggunakan fitur ini:
  • Komputer kamu HARUS menggunakan Windows 10.
  • Komputer / perangkat kamu harus terhubung ke Internet.
  • Kamu harus sudah mengaktifkan fitur Find My Device di perangkatmu .
  • Kamu harus memiliki akun di perangkat yang memiliki hak administrator dan akun Microsoft. Kamu nggak bisa melakukan ini jika kamu menggunakan User Account Local.
Dengan asumsi perangkatmu memenuhi kriteria tersebut, mari gue jelaskan bagaimana cara menggunakan fitur Find My Device ini.

Cara Mengunci Komputer Windows 10 dari Jarak Jauh


Buka browser web lalu masuk ke halaman akun Microsoft, masukkan kata sandi kamu, kemudian klik "Sign In."



Dari halaman utama, klik link "Show Details" yang terletak di bawah perangkat yang ingin kamu kunci.

Pada halaman berikutnya, klik “Find My Device.”


Jika lokasi komputer menunjukan berada di tempat antah brantah yang nggak kamu kenal, klik "Lock" untuk mulai mengunci perangkatmu agar tidak bisa dipakai lagi.


Dengan mengunci komputermu maka sistem akan mengeluarkan semua user yang ada di komputer kamu dan menonaktifkan local user sehingga komputer kamu sama sekali tidak bisa dibuka. Setelah itu klik "Next."


Pada halaman berikutnya, kamu dapat mengatur pesan khusus untuk orang yang nemuin perangkat kamu agar mudah untuk mengembalikannya misal kamu kasih nomor HP atau Email kamu agar sang penemu bisa mengembalikan dengan mudah. Pesan ini bakal muncul di layar kunci perangkat mu ketika seseorang menyalakannya.


Nah itu tadi cara mengaktifkan Find My Device di Komputer Windows. Fitur ini berguna banget ketika kamu kehilangan / kecolongan laptop atau komputer windows kamu. Sayangnya fitur ini nggak tersedia di Windows 7 maupun windows lain di bawah Windows 10. Jadi buat kamu yang lagi kehilangan laptopmu harap bersabar ini ujian hehe

Masih bingung? Silahkan tanyakan di kolom komentar...
NextGen Digital... Welcome to WhatsApp chat
Howdy! How can we help you today?
Type here...