Tips Cara Mengatasi Install Realtek HD Audio Driver Failure


Assalamualaikum,

Mungkin pernah di antara kamu mengalami pesan error seperti gambar dibawah, ketika kamu menginstal Realtek High Definition Audio driver, kamu malah mendapatkan pesan error yang mengatakan “Install Realtek HD Audio Driver Failure!!” sangat menyebalkan bukan?. Tapi tenang gue punya beberapa solusi atas permasalahan yang sedang kamu hadapi. 



Disini gue punya 5 tips cara mengatasi Install Realtek HD Audio Driver Failure, kamu nggak harus coba semuanya, cukup satu aja yang kira-kira cocok sama komputer kamu.

Tips 1: Uninstall dan instal ulang driver

1. Pergi ke Programs and Features dan cari Realtek High Definition Audio Driver. Uninstall driver.
2. Restart Windows lalu buka Device Manager. Klik Click Action - Scan for hardware changes.


3. Setelah itu, instal driver lagi. Ada 2 cara untuk instal driver realtek:

A. Lewat Device Manager

- Masuk ke Device Manager.
Masuk kategori “Sound, video and game controllers”. Dalam kategori ini, klik kanan pada “Realtek High Definition Audio” lalu Klik Update Driver Software ...


- Klik Search automatically for updated driver software (mungkin ada perbedaan tampilan antara windows 7 dan Windows 10, tapi pada dasarnya sama saja)


Jika driver berhasil di update, kamu akan mendapati pesan seperti ini “The best driver software for your device is already installed”. itu artinya kamu nggak perlu lagi update driver realtek


- Setelah driver diinstal, restart PC kamu untuk melihat perubahan.

B. Instal manual lewat Instaler

Jika cara A nggak berhasil mungkin kamu harus download manual driver Realtek dari web resminya di sini
Setelah masuk ke website, klik High Definition Audio Codec (Software). Ikuti petunjuk pada layar dan download driver yang benar yang sesuai dengan versi Windows yang kamu pakai. Kemudian klik dua kali pada file yang didownload untuk menginstal driver.



Tips 2: Tambahkan Legacy Hardware sebelum menginstal driver

Masuk ke Device Manager dan lihat apakah ada kategori “Sound, video and game controllers”. Jika kamu tidak melihatnya di Device Manager, maka kamu perlu menambahkan Legacy hardware sebelum menginstal driver (jika kamu melihatnya tercantum di Device manager, maka lewatkan Tips ke 2 ini).

Ikuti langkah berikut untuk menambahkan Legacy Hardware:

1. Buka Device Manager, klik Action > Add Legacy hardware. (Jika kamu cuma melihat menu 'Help' di bawah pilihan ini, klik di tempat kosong pada panel kemudian klik 'Action ' lagi.)


2. Ikuti petunjuk di layar untuk menambahkan kategori "Sound, video and game controllers".


3. Setelah proses selesai, Instal driver lagi seperti Tips 1.

Tips 3: Perbaiki Konflik Driver

Realtek biasanya memiliki permasalahan dengan driver bawaan windows Microsoft UAA Bus driver untuk High Definition Audio, sehingga terjadi bentrok antar driver yang mengakibatkan driver realtek susah untuk di instal. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaiki konflik tersebut.

1. Masuk ke Device Manager. Klik kategori System Devices dan cari Microsoft Driver UAA Bus For High Definition Audio.


Klik kanan pada driver dan klik Disable.



2. buka Programs and Features dan cari Realtek High Definition Audio Driver. Uninstall driver. (Jangan reboot sistem.)
3. Kembali ke Device Manager dan uninstall Microsoft UAA Bus driver for High Definition Audio. (Jangan reboot sistem.)
4. Instal ulang Driver Realtek HD Audio (lihat Tips 1).
5. Setelah instalasi selesai, reboot windows.

Tips 4: Instal ulang Windows

Jika Tips 1-3 tidak berhasil, mungkin sistem windows kamu sudah mengalami kerusakan pada sistem, jalan satu-satunya ya instal ulang windows kamu. Setelah instal ulang selesai, instal lagi driver seperti pada Tips 1.

Tips 5: Ganti Sound Card

Jika setelah intstal ulang tetep aja Realtek kamu nggak mau di instal, mungkin udah saatnya kamu ganti sound card kamu. Kalau sound card kamu masih onboard mungkin kamu harus ganti se Mobo-mobonya soalnya susah kalau benerin atu-atu. Kalau nggak kamu beli aja Sound Card external. Insya Allah bisa jalan.

Mungkin cuma itu beberapa tips yang bisa gue sampaikan, kalau ada salah mohon di koreksi. Kalau ada yang masih bingung atau mau di tanyakan silahkan coret-coret di kolom komentar. Wassalam.
NextGen Digital... Welcome to WhatsApp chat
Howdy! How can we help you today?
Type here...