Mengatasi Enter Network Credentials Access Error Pada Windows 10

Mungkin beberapa tips gue untuk Mengatasi Enter Network Credentials Access Error Pada Windows 10 bisa ngebantu menjawab kegelisahan kamu.

Buat lu yang terbiasa pakai jaringan LAN mungkin udah nggak asing lagi dengan yang namanya Network di Windows Explorer yang biasa lu pake. Fitur ini emang berguna banget buat kita yang sering bolak-balik share file ke orang. Lu ga perlu lagi cape-cape mondar-mandir colok-colok flashdisk cuma buat copy file. Lu cuma duduk manis di depan komputer lu, klik-klik bentar maka file yang lu butuhin dah nongol di depan mata. So simple..


Namun kadang kala ada beberapa kesalahan User atau sistem yang bikin semua fitur ini terasa neraka salah satunya seperti gambar dibawah ini. 


Lu nggak ngerasa kasih password di Network komputer lu, dan yang lu akses pun nggak ngerasa pasang password di komputernya. Terus siapa yang pasang password??? siapa???. 
Mungkin beberapa tips gue untuk Mengatasi Enter Network Credentials Access Error Pada Windows 10 bisa ngebantu menjawab kegelisahan lu. Tips ini biasa gue gunain pas komputer kantor lagi pada trouble dan gue udah test.

{getToc} $title={Table of Contents}

Berikut Tips Cara Mengatasi Enter Network Credentials Access Error Pada Windows 10 / 11

Tips 1 : Pastikan Alamat IP kamu sesuai server atau Router

Biasanya, IP Address setiap komputer diatur secara dinamis, sehingga komputer akan mendapatkan IP Address secara otomatis dari server atau Router ketika terhubung ke jaringan. Namun, terkadang IT mengatur IP Address secara statis agar lebih mudah dalam melakukan pemeliharaan. Untuk mengatasi masalah ini, ada dua cara yang bisa dicoba, yaitu menggunakan IP Address dinamis atau statis disesuaikan dengan jaringan yang kamu gunakan.

Kamu bisa mencoba setting IP Address ke dinamis terlebih dahulu, dan jika tidak berhasil berarti kemungkinan jaringanmu menggunakan IP Statis, jadi Kamu bisa mencoba setting IP Address ke statis.

IP Dinasmis / DHCP

Untuk setting IP Dinamis di Windows 10, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka
Control Panel.
2. Lalu navigasi ke Network and Internet > Network and Sharing Center.


3. Pada panel sebelah kiri, klik opsi Change adapter settings.


4. Klik kanan pada network adapter yang di gunakan lalu pilih Properties.


5. Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4) dan kemudian pilih Properties.


6. Pastikan lu milih opsi Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically. Tekan OK untuk menyimpan perubahan.
7. Restart komputer kamu, lalu cek apakah masih ada masalah atau tidak. Jika masih ada lanjut coba settingan dibawah.

IP Statis / Static

Untuk setting IP static di Windows 10/11 sebenarnya hampir mirip dengan IP Dinamis diatas, hanya ada perbedaan sedikit pada setingan IPv4, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Control Panel.
2. Navigasi ke Network and Internet > Network and Sharing Center.
3. Pada panel kiri, klik opsi Change adapter settings.
4. Pada network adapter klik kanan lalu pilih Properties.
5. Klik 2x pada opsi Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).


6. Klik opsi Use the following IP address dan masukan IP address sesuai dengan IP jaringan yang kamu gunakan (lihat langkah 8) misalnya 192.168.2.58.
7. Subnet mask (biasanya untuk pengguna koneksi lokal adalah 255.255.255.0.
8. Default gateway yang biasanya merupakan IP address yang digunakan pada router. (misalnya 192.168.2.1)
9. Pada menu DNS server, klik opsi Use the following DNS server addresses dan masukan alamat Preferred DNS server, dimana biasanya merupakan IP address yang sama dengan Default gateway.
Alternate DNS server dapat kamu isi sebagai opsi lain jika kamu tidak dapat terkoneksi dengan DNS server utama, contohnya bisa kamu masukan DNS google (8.8.8.8). Namun hal ini bersifat opsional ya, bisa kamu isi bisa juga tidak.
10. Klik OK untuk menyimpan perubahan.
11. Restart komputer dan cek apakah masih ada masalah, kalau masih ada lanjut tips ke 2 dibawah.

Tips 2: Rubah Settingan Network di Advanced Sharing settings

1. Buka Control Panel.
2. Lalu navigasi ke Network and Internet > Network and Sharing Center..



2) Di sisi sebelah kiri, klik Change advanced sharing settings.



3) Klik panah bawah di sisi kanan pada bagian Private.
 

4) Sekrol ke bawah sedikit dan lu bakal nemuin HomeGroup connections. Pastikan bahwa lu udah milih opsi Allow Windows to manage homegroup connections (recommended). Kemudian klik Save changes untuk menyimpan perubahan.


Tips 3: Rubah Pengaturan Credentials Manager

1. Pencet tombol Windows dan S bersamaan, kemudian ketik credentials di kotak pencarian dan pilih Manage Windows Credentials dari daftar pilihan.


2. Pilih Windows Credentials, terus klik Add a Windows credential. Pastikan apakah server / komputer yang kamu tuju sudah ada atau belum di list. Jika sudah ada, hapus terlebih dahulu lalu input ulang credential-nya.


3. Isi alamat jaringan, nama pengguna dan password yang berhubungan dengan komputer yang pingin lu akses. Pastiin nggak ada kesalahan ketik dan tekan OK.


4. Restart komputer kamu sebentar, lalu coba lagi masuk ke folder Windows Explorer yang kamu tuju. Harusnya sekarang kamu bisa login tanpa masalah, tapi kalau masi nggak bisa kamu bisa lanjut ke tips ke 4.

Tips 4 : Gunakan Akun Microsoft Kamu Pakai

Dari info yang gue dapet dari forum-forum ada beberapa user yang berhasil solved masalah ini dengan memasukan akun Microsoft miliknya. Mungkin tips ini musti kamu coba juga, kamu cuma perlu login pakai akun Microsoft yang kamu buat dan input pas instal ulang. (Gue ga pernah pake cara ini).



Mungkin itu beberapa tips yang biasa gue gunain untuk Mengatasi Enter Network Credentials Access Error Pada Windows 10. Jika semua tips di atas nggak mengatasi masalah kamu, mungkin kamu bisa coret-coret masalah kamu di kolom komentar, kali aja gue bisa bantu. Semoga bermanfaat 😊

UPDATE 05/10/2021

Jika tips di atas nggak ada yang jalan, mungkin kamu musti nyoba buat RESET NETWORK di control panel. Cara ini dah gue coba dan mungkin paling simpel buat mengatasi permasalahan di atas. Caranya gini:

1. Klik kanan ikon LAN/Wifi di taskbar bagian kanan, lalu pilih Open Network & Internet settings

 

2. Klik Network Reset di bagian paling bawah


3. Klik Reset now, tunggu sampai proses selesai, lalu restart komputer kamu.




NextGen Digital... Welcome to WhatsApp chat
Howdy! How can we help you today?
Type here...