Cara Mengatasi 504 Gateway Timeout Error

504 Gateway Timeout Error, Internet error, mengatasi error internet

504 Gateway Timeout Error terjadi ketika server yang mencoba memuat halaman web tidak mendapatkan respons dalam waktu dari server lain. Biasanya, kesalahan ada di situs web itu sendiri, dan tidak ada yang dapat kamu lakukan kecuali mencoba lagi nanti. Meski begitu, ada beberapa tips yang mungkin bisa kamu coba untuk mengatasinya.

Apa itu 504 Timeout Error Gateway?


504 Gateway Timeout Error menunjukkan bahwa server web berusaha memuat halaman namun tidak mendapatkan respons yang tepat waktu dari server lain dari mana ia meminta informasi tersebut. Disebut 504 Error, karena 504 adalah kode status HTTP yang digunakan server web untuk menentukan kesalahan semacam itu. Kesalahan dapat terjadi karena sejumlah alasan, tetapi dua alasan paling umum yaitu server sedang kewalahan dengan permintaan (overload) atau sedang dilakukan pemeliharaan (maintenance) pada situs tersebut.

Desainer situs web dapat menyesuaikan tampilan halaman 504 Error. Jadi, kamu mungkin melihat 504 halaman berbeda di situs web yang berbeda. Situs web mungkin juga menggunakan nama yang sedikit berbeda untuk kesalahan ini. Misalnya, kamu mungkin melihat tampilan seperti:
  • Gateway Timeout Error
  • HTTP 504
  • Gateway Timeout (504)
  • 504 Gateway Timeout
  • 504 Error
  • HTTP Error 504 – Gateway Timeout
Yang penting untuk diingat adalah bahwa 504 Error adalah kesalahan sisi server. Itu berarti ada masalah dengan situs web yang sedang kamu coba akses, dan bukan masalah dari komputer kamu. Itu berita baik dan buruk. Ini adalah kabar baik karena tidak ada yang salah dengan komputermu, dan itu adalah kabar buruk karena biasanya tidak ada yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya.

Meskipun demikian, ada beberapa tips yang mungkin bisa kamu coba.

Refresh Halaman


Seperti yang tadi Gue sebutkan, Error 504 menunjukkan masalah sementara, dan kadang-kadang masalah itu cepat hilang dengan sendirinya. Situs mungkin sedang penuh pengunjung, misalnya. Jadi, menyegarkan halaman selalu patut dicoba. Sebagian besar browser menggunakan tombol F5 untuk menyegarkan, dan juga menyediakan tombol Refresh di suatu tempat di Adress Bar. Itu mungkin tidak selalu berhasil, tetapi hanya perlu sedetik untuk mencobanya.


Periksa Apakah Orang lain Juga Mengalami Hal Yang Sama


Setiap kali kamu gagal mengakses situs (karena alasan apa pun), kamu dapat memeriksa apakah hanya kamu yang memiliki masalah koneksi, atau orang lain juga mengalami masalah yang sama. Ada banyak website di luar sana untuk melakukan hal ini ini, tapi favorit Gue adalah isitdownrightnow.com dan downforeveryoneorjustme.com. Keduanya bekerja hampir mirip. Masukkan URL yang ingin kamu periksa, dan kamu akan mendapatkan hasil seperti ini.


Jika kamu mendapat laporan yang mengatakan situs ini tidak bisa diakses untuk semua orang, tidak banyak yang bisa kamu lakukan selain mencoba lagi nanti. Jika laporan menunjukkan bahwa situs itu baik-baik saja, maka masalahnya mungkin ada di perangkat kamu. Namun sangat jarang hal ini terjadi, tetapi itu mungkin, dan kamu dapat mencoba beberapa hal yang gue uraikan dalam beberapa bagian berikutnya.

Restart Perangkat Kamu


Jika kamu memeriksa di website di atas dan hasilnya situs yang kamu akan akses baik-baik saja. Dan, Kamu sudah mencoba di browser lain tapi tetep nggak bisa kebuka mungkin masalahnya ada di perangkat kamu.



Ada kemungkinan ada beberapa masalah dengan perangkat yang kamu pakai atau peralatan jaringanu (Wi-Fi, router, modem, dll.). Merestart komputer atau perangkat jaringan yang kamu pakai mungkin membantu memperbaiki masalah.

Kemungkinan lain adalah bahwa kesalahan disebabkan oleh masalah DNS pada server situs itu Anda. Dalam hal ini, kamu dapat mencoba beralih server DNS dan melihat apakah masalah bisa teratasi.

Hubungi Pemilik Situs Web


Pilihan lain adalah menghubungi pemilik situs web secara langsung. Cari informasi kontak mereka di situs web dan hubungi mereka tentang halaman yang dimaksud. Jika tidak ada formulir kontak, kamu bisa mencoba menghubungi media sosial mereka.

Coba Lagi Nanti


Jika kamu sudah mencoba semua solusi yang diuraikan di atas tetapi masih mendapatkan 504 Error, maka satu-satunya solusi yang tersisa adalah menunggu dan coba lagi nanti. Karena masalahnya bukan pada komputer kamu. Periksa kembali situs web tersebut dalam beberapa waktu. Ada kemungkinan besar masalah itu telah teratasi.

Masih bingung? Silahkan tanyakan di kolom komentar. See you.. 
NextGen Digital... Welcome to WhatsApp chat
Howdy! How can we help you today?
Type here...