Tips Aman Dan Nyaman Belanja Online

Saat ini, fenomena belanja online sudah menjadi semacam gaya hidup sebagian orang, termasuk saya. Toko online mulai menjamur dengan beragam kebutuhan yang ditawarkan, selain mudah dan banyak diskon, harga online shop juga jauh berbeda dengan harga pada toko umumnya. Kalau kamu belum pernah belanja online atau tertarik mencobanya. Sebaiknya kamu tahu ciri-ciri online shop yang bertanggungjawab dan anti tipu-tipu. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak menyenangkan ketika kamu baru mencoba belanja online.

Toko online yang baik, dia akan memenuhi empat hal berikut ini:


 1. Toko online terpercaya punya reputasi yang bagus

Kunci aman belanja online: teliti sebelum membeli.
Toko online yang terpecaya pasti punya reputasi yang bagus dikarenakan kualitas pelayanannya yang memang bisa diandalkan. Caranya, kamu bisa melihat testimoni atau review yang ditulis oleh konsumen sebelumnya. Buat perbandingan dan lihat, mana yang lebih banyak ditulis oleh konsumen, kesan positif atau sebaliknya. 
Reputasi bagus ini bukan hanya seputar testimoni yang dipasang di halaman toko online tersebut, tapi juga testimoni di luar halaman tersebut. Kamu juga bisa mencarinya di forum internet lain. Cara termudahnya adalah dengan googling nama toko tersebut dan lihat apakah ada ulasan berbau negatif yang muncul. Jika banyak ulasan berbau negatif yang muncul, maka kamu perlu waspada sebelum benar-benar berbelanja di sana.

2. Menggunakan jasa kurir terbaik

Jasa kurir terpercaya memastikan barangmu cepat tiba dan sampai di tangan dalam kondisi bagus. 
Penggunaan jasa kurir bisa menjadi salah satu indikator terpercaya tidaknya sebuah toko online. Jika toko online tempatmu berbelanja punya kualitas yang bagus, mereka akan menggunakan jasa kurir terbaik dengan reputasi yang bagus pula. Jika kamu melihat nama jasa kurir yang asing dan tidak kamu temukan outletnya di kota tempat tinggalmu, sebaiknya kamu berhati-hati. 
Jasa kurir pengiriman yang baik ini juga turut memastikan barang yang kamu beli bisa sampai di tanganmu dengan kondisi yang bagus. Tidak mau kan menemukan barangmu dalam kondisi pecah saat membuka kemasannya? Selain itu, jasa kurir yang bagus juga menyediakan layanan pengiriman dalam waktu singkat atau sampai dalam sehari. 

3. Menyediakan opsi Cash on Delivery

Transaksi aman karena baru bayar saat barang sampai dalam kondisi baik.
Masih kurang percaya pada toko online tempatmu berbelanja dan takut tertipu? Gunakan saja opsi pembayaran Cash on Delivery (CoD). Dengan metode CoD ini, kamu tak perlu merasa tertipu karena kamu baru akan membayar saat barang belanjaanmu diantarkan ke rumah. Sebelum membayar, kamu bisa mengecek kondisi barang terlebih dahulu dengan teliti. Metode CoD sangat berguna jika kamu membeli perangkat elektronik seperti handphone. 
Metode CoD ini memungkinkanmu membatalkan pembelian jika menemukan kondisi barang tidak sesuai dengan keinginan. Hal ini tentu sulit kamu lakukan jika memilih metode pembayaran lain sebelumnya. Jika memilih transfer misalnya, kamu harus melakukan pengembalian barang dan mengisi sejumlah formulir, setelah itu, kamu masih harus menunggu sekian waktu lagi untuk pengembalian dana, Benar-benar menyebalkan.

4. Harga produk bukan paling murah tapi bersaing

Jangan gampang percaya sama yang murahnya kebangetan. 
Jangan mudah tertipu dengan toko online yang menawarkan barang dengan harga yang murahnya kebangetan. Toko online yang benar dan tidak menipu, tak hanya menarik perhatian calon konsumennya dengan harga murah, tapi juga kualitas barang dan pelayanannya. 

Jika ada toko online yang memasang harga kelewat murah untuk barang dagangannya, kamu patut curiga. Barang yang ditawarkan dengan harga jauh di bawah pasaran bisa jadi karena tidak bagus secara kualitas atau bahkan penjualnya hanya ingin menipumu dengan hanya menerima uangmu, tanpa pernah mengirimkan barangnya. Sebelum membeli Sebaiknya kamu cek reviewnya, baik komentar, maupun di blog-blog atau forum-forum tentang online shop tersebut, biar hati kamu nggak was-was hehe. Happy Shopping yaa....

Sumber:
http://www.certifiedonlineshops.org/
http://phoenixcourierdelivery.com/
http://fetchr.us/fetchr-for-business/
http://extracheaprubbishremoval.com.au/
NextGen Digital... Welcome to WhatsApp chat
Howdy! How can we help you today?
Type here...