Cara Ganti Font MIUI 8 Tanpa Root


Baru-baru ini Xiaomi baru saja meluncurkan OS android terbarunya bertajuk MIUI 8, cukup banyak perbedaan dari OS android sebelumnya MIUI 7 meskipun menurut saya cuma sebatas perubahan UI. Kebetulan Redmi Note 2 saya kebagian update, namun setelah saya mencari dan mencari ternyata fitur yang saya dambakan di MIUI 8 belum muncul juga yaitu Fitur Ganti Font / Huruf. Dengan segala tetek bengek fitur baru di MIUI 8, Xiaomi tidak belum memberikan fitur ini??. Percuma kan beli hp mahal harus ngoprek root, twrp segala macem cuma buat ganti font?. Memang ada alternative lain yaitu dengan Flash ulang ke MIUI 8 Versi China, yang katanya bebas ganti font sesuka hati namun hasilnya nihil. Sampai saya menemukan beberapa Cara Ganti Font MIUI 8 Tanpa Root disebuah forum. Begini langkah-langkahnya Cara Ganti Font MIUI 8 Tanpa Root :
Agar tips ini berhasil, kamu harus membaca secara tuntas artikel ini sampai akhir
1. Pertama kamu download dan instal tools pendukungnya yaitu: 
QuickShortcutMaker disini dan IFont disini
2. Setelah kamu instal keduanya buka terlebih dahulu QuickShortcutMaker nya.

 
3. Setelah terbuka pilih menu / tulisan Setelan atau Setting (gambar gigi roda)


4. Setelah Setelan atau Setting terbuka, scroll lagi ke bawah dan cari dan pencet tulisan Setelan - Huruf Seperti gambar dibawah. 

5. Setelah Setelan - Huruf terbuka, pencet tulisan Setelan, lalu ganti tulisan setelan dengan "Font" atau nama lain terserah kamu. Kemudian pencet tombol Menciptakan, di kanan bawah.

6. Setelah selesai, maka akan muncul shortcut atau aplikasi  di Home, dengan nama Font (nama yang kamu kasih tadi).


7. Untuk mengganti font, kamu tinggal membuka shortcut / aplikasi tersebut. Lalu pencet Huruf sistem.

8. Kemudian akan muncul Font atau huruf yang sudah terinstal di MIUI kamu (hanya ada Default jika kamu belum menambahkan font baru).

9. Pilih salah satu font, kemudian pencet Terapkan, otomatis hp kamu akan reboot dan setelah reboot maka font kamu akan berubah.






Jika kamu belum menginstal atau menambah font apapun ke hp kamu, maka kamu harus menambahkannya terlebih dahulu. Begini caranya:

1. Buka IFont yang kamu instal tadi, Pilih salah satu font yang kamu sukai, lalu klik Unduh.
2. Setelah terunduh pencet tulisan TEMA, dikanan atas.


3. Setelah itu muncul pertanyaan, pencet OK, lalu OK lagi


4. Setelah selesai, keluar dari IFont dan masuk ke aplikasi Tema/Themes di home, lalu pilih Downloaded


5. Setelah itu Klik Impor.


6. Setelah terbuka, pilih Penyimpanan telepon, kemudian pilih folder MIUI, lalu pilih folder theme


7. Pilih Font /Huruf yang kamu download tadi, lalu Klik OK. Otomatis koleksi font kamu akan bertambah.






Begitulah cara yang saya pakai untuk mengganti font di MIUI 8, untuk menerapkan semua cara di atas kamu harus terdaftar sebagai designer MIUI. Jika kamu belum terdaftar, kamu bisa mendaftar disini. Register seperti biasa, isi data-data yang di butuhkan. Lalu tunggu proses verifikasi selesai, biasanya sih nunggu kurang lebih 2x24 jam sampai kamu mendapat email verifikasi. 

Selain bisa bebas ganti font, kelebihan lain jika kamu terdaftar designer MIUI adalah kamu bebas mengganti tema sesuka hati dari pihak ketiga seperti dari zhuti Xiaomi, atau pun dari forum MIUI.com, nggak harus dari theme market MIUI yang temanya sangat terbatas itu. Untuk bisa mendownload atau mendapatkan tema berbayar secara gratis bisa di cek disini.

Oke segitu aja dulu,jika ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas, tulis di komentar aja. see youu...
NextGen Digital... Welcome to WhatsApp chat
Howdy! How can we help you today?
Type here...