Syarat dan Kemampuan Untuk Jadi Seorang Staff IT


Tidak terasa sudah 1,5 tahun saya bekerja sebagai Staff IT di salah satu perusahaan swasta di Bandung. Tepatnya setelah lulus wisuda akhir tahun 2014 yang lalu, ini merupakan pekerjaan pertama saya setelah lulus kuliah. Ada berbagai hal yang diluar impian dan bayang saya sebagai Staff IT. Dulu waktu saya kuliah, saya membayangkan kalau Staff IT itu staff paling keren di perusahaan, pakai komputer supercepat, internet super kenceng dan lain hal yang membuat saya tertarik untuk menjalani pekerjaan ini. Sampai akhirnya saya merasakan bahwa semua tak seindah yang di bayangkan *bhaha.

Ok, kembali kejudul. Buat kamu yang akan masuk dunia kerja khususnya staff IT, saya kasih beberapa hal yang sebaiknya kamu persiapkan dan kamu tahu tentang dunia ini, terutama jika kamu jadi staff IT di perusahaan menengah. Meskipun saya baru dalam dunia staff IT, namun apa salahnya berbagi pengalaman agar kita semua prepare dan pastinya tidak akan terjerumus pada hal yang tercela #eh. Saya jabarin satu-satu ya biar paham apa yang harus kamu siapkan..

Kamu harus bisa Desain Grafis


Mungkin ini sedikit melenceng dari mata kuliah kamu di kampus kamu, biasanya sih anak-anak DKV yang harusnya ada disini. Namun percaya lah, untuk jadi staff IT kamu dituntut untuk  bisa desain grafis. Minimal kamu pernah pegang apa itu Corel Draw atau Adobe Photoshop, nggak perlu terlalu expert yang penting kamu ngerti bagaimana cara bikin undangan, sama edit background foto, Udah.

Kamu harus bisa Jaringan LAN dan Internet


Ini makanan pokok kamu sehari-hari, jadi mau nggak mau kamu harus tau sama yang satu ini. Minimal kamu tau cara bikin kabel straight sama kabel cross, cara setting router, cara menyambungkan komputer ke hub, ping ke server, cara share printer ke jaringan, dan yang paling penting kamu tau access ke router kantor kamu. Syukur-syukur kamu bisa mikrotik.

Kamu harus bisa Troubleshooting Hardware maupun Software


  • Hardware
    Minimal kamu tau cara merakit PC dari awal sampai akhir, nama komponen-komponennya, serta kegunaanya. Jadi kalau sewaktu-waktu komputer kantor nggak mau menyala, kamu tau komponen mana yang harus kamu perbaiki atau ganti.
    Kalau memang mentok nggak bisa diperbaiki minta ganti aja ke bagian purchasing / pembelian, tapi biasanya sih kamu yang harus beli sendiri komponennya. Jadi sering-sering aja jalan-jalan cari toko sperpart komputer.
  • Software
    Kalau yang ini minimal kamu bisa instal ulang komputer (semua jenis OS ya), instal sama update antivirus, instal program office dan kroco-kroconya. Jadi siapin beberapa hardisk Eksternal dan beberapa keping DVD Program maupun OS, soalnya ini pekerjaan yang paling sering kamu kerjakan.

 

Kamu harus bisa Semua Program Office


Sebenarnya ini agak menjengkel kan karena ini bukan jobs Desk kamu sebenernya, tapi ini juga harus kamu kuasai. Minimal kamu tau cara mengatur margin di Word, atur spase di Publisher, dan yang paling penting kamu harus tau semua rumus excel karena nggak jarang bagian keuangan salah input data terus kita kamu yang disalahin, jadi kamu harus jeli meneliti ratusan sheet mencari dimana error itu berada *bhahaha

 

Kamu harus bisa bikin Program dan Website


Untuk perusahaan menengah biasanya melakukan segala cara untuk memangkas pengeluaran perusahaan, jadi pekerjaan yang harusnya di kerjakan programmer harus kamu yang mengerjakan *bhahaha. Minimal kamu harus bisa 1 atau 2 bahasa pemrograman, biasanya sih kalau nggak Visual Basic NET ya PHP. Biasanya program yang akan kamu buat tentang sistem informasi perusahaan, dari mulai absensi, penggajian, penjualan, sampai progres kerja pekerjaan perusahaan. Kalau website sih nggak jauh-jauh dari web company profile.

Ini program yang sedang saya kerjakan seorang diri :(

Kamu Harus selalu Update dan nggak boleh Gaptek 


Ini merupakan sebuah keharusan yang harus kamu miliki untuk jadi staff IT:
  • Kamu harus tau harga terbaru komponen IT, mulai dari PC (sama dalemannya satu-satu), printer sama tintanya, mesin fotocopy, UPS, monitor,  Perangkat jaringan, serta semua hal yang ber bau IT.
  • Kamu harus tau harga terbaru Paket, alamat, dan kecepatan internet Provider di seluruh indonesia.
  • Kamu harus tau cara pakai dan setting finger print, update firmware terbaru router, segala hal tentang mesin foto copy dan fax.

 

Kamu harus Cepat Tanggap Dalam Segala Hal


Mungkin suatu saat kamu harus turun dari lantai 5 kelantai 1 hanya untuk "mencet" tombol enter atau OK pada layar komputer . Mungkin terdengar lebay, namun percayalah jika kamu sudah menjadi Staff IT kamu akan merasakannya *tepuk pundak


Itu lah sedikit gambaran bagaimana pekerjaan kamu nantinya jika kamu jadi seorang staff IT, tapi berdasar itu pengalaman pribadi saya siapa tau kamu mendapat pengalaman yang lebih mengenaskan menyenangkan kelak. Siapa yang tau *bhahaha
NextGen Digital... Welcome to WhatsApp chat
Howdy! How can we help you today?
Type here...