Pengalaman Pahit Belanja Di Lazada.co.id


Semua berawal ketika adaptor laptop saya meledak tanpa alasan pasti, yang akhirnya memaksa saya untuk membeli adaptor baru karena laptop baterai saya sudah lama menghilang entah kemana. Karena masalah waktu dan transport akhirnya saya memilih untuk membeli secara online, setelah membanding kan beberapa online store akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada Lazada.co.id. Meskipun banyak banget ulasan buruk tentang online store ini, namun saya tetep nekat karena ini bukan pertama kalinya saya belanja di sini dan semua terasa menyenangkan. Sampai akhirnya, saya menemukan pengalaman sangat pahit ketika belanja disini begini kronologinya :

16 Juli 2016

Setelah searching akhirnya saya menemukan barang yang cocok dengan barang yang saya cari, selain harga yang lumayan murah, sistem pembayaran COD juga menjadi pilihan saya, karena terasa lebih nyaman dan menghindari potongan transfer antar bank hehe.

http://rudy-saputra.blogspot.co.id/2016/07/pengalaman-pahit-belanja-di-lazadacoid.html


Proses verifikasi pun berjalan lancar, hari saya langsung dapet email bahwa pembelian sudah terverifikasi sistem

http://rudy-saputra.blogspot.co.id/2016/07/pengalaman-pahit-belanja-di-lazadacoid.html 

18 Juli 2016

Tiba-tiba handphone saya berdenting, ternyata ada email dari Lazada kalau barang pesanan saya sudah masuk ke proses pengiriman, dan akan saya terima pada tanggal 19 Juli - 21 Juli 2016 dengan jasa pengiriman dari Lazada sendiri yaitu LEX. Berarti barang paling lama 3 hari sampai, berkaca dari pengiriman LEX sebelumnya yang terhitung cepat.

http://rudy-saputra.blogspot.co.id/2016/07/pengalaman-pahit-belanja-di-lazadacoid.html

21 Juli 2016

Hari ini saya mendapat email lagi dari lazada, barang yang SEHARUSnya saya terima hari ini tiba-tiba dikirim lagi oleh lazada. Namun dengan jasa pengiriman JNE MP, saya sendiri tidak tau JNE macam apa itu. Saya pun diberi nomor resi yang saya lihat cukup asing untuk jasa pengiriman JNE, berbeda dengan resi yang saya tau pada umumnya.

http://rudy-saputra.blogspot.co.id/2016/07/pengalaman-pahit-belanja-di-lazadacoid.html 

Karena saya sudah mendapatan no. resi pengiriman, iseng-iseng saya mengecek web jne untuk melakukan tracking dengan no. resi tersebut dan keanehan pun terjadi  no. resi yang saya inputkan tidak ada di database JNE. Akhirnya saya memutuskan untuk membuka kembali esok hari besoknya, siapa tau data belum di inputkan. Dan ternyata hasilnya pun sama resi tidak ditemukan. Saya menduga resi tersebut PALSU.

http://rudy-saputra.blogspot.co.id/2016/07/pengalaman-pahit-belanja-di-lazadacoid.html

22 Juli 2016

Saya akhirnya melakukan chat dengan CS lazada untuk menanyakan no. resi PALSU kosong yang saya dapatkan. Dan pihak lazada berjanji akan menindaklanjuti dalam waktu 2x24 jam sejak komplain itu. (sceen shoot tidak saya sertakan karena saya tidak mendapat email transkip chat seperti biasanya. Aneh memang)

25 Juli 2016

Setelah tidak ada kabar berhari-hari akhirnya saya pun mencoba menghubungi CS lazada, namun tidak ada jawaban yang jelas. Resi palsu kosong yang saya keluhkan tempo hari pun hanya di anggap angin lalu oleh lazada. Hanya janji akan menindak lanjuti 2x24 Jam. Padahal dihitung-hitung ini sudah 5x24 Jam dari seharusnya barang pesanan saya di terima. :(



Update!!!

26 Juli 2016

Setelah terkatung-katung tak jelas kabarnya, tiba-tiba saya mendapat telepon bahwa kurir JNE sudah berada di satpam untuk melakukan COD barang pesanan saya. Akhirnya sampai juga :D


Namun ada yang aneh pada invoice nya, barang ternyata dikirim tanggal 23 Juli 2016, bukan 21 Juli 2016 seperti yang bolak-balik saya dengar dari CS lazada. Dan lagi No. resi yang tempo hari saya kira palsu ternyata bisa di pakai???. Setelah sliweran di forum kaskus, akhirnya saya menemukan bahwa Lazada memiliki no. resi sendiri sebelum barang dikirim, kalau biasanya resi di berikan setelah barang di kirim berbeda dengan lazada. Lazada dapat resi terlebih dahulu, baru barang dikirim. Artinya kalau barang belum benar-benar (dalam arti sebenarnya) dikirim maka resi tersebut tidak bisa di track di JNE. Begitu lah info yang saya dapat dari kaskuser.

Dari  tracking di atas bisa di simpulkan kalau pesanan saya sebenarnya cuma memakan waktu 3 hari, jika lazada melakukan segalanya dengan NORMAL. Entah apa salah saya ke lazada sehingga dia tega mempermainkan saya *hiks

Akhirnya saya merasakan juga review buruk yang berseliweran tentang pelayanan lazada.co.id, ini menjadi pelajaran yang cukup berharga buat saya. Semoga kedepanya, Lazada bisa lebih transparan dalam melakukan penjualan, kualitas CS juga harus di perhatikan, dan yang paling penting adalah kejelasan tentang barang yang dipesan. Dan satu lagi pesan buat kamu yang baru mulai mencoba belanja online, alangkah lebih baiknya menghindari online store yang satu ini. Karena kenyamanan dan kenikmatan belanja online mungkin tidak akan kamu rasakan disini. Kalau pun tetep nekat, ada tips buat kamu agar tidak mengalami hal buruk disini yaitu:

  • Cari barang yang banyak review nya, minimal 5 review dengan bintang 4. Karena dari situ kamu bisa tau reputasi seller tersebut, karena tidak semua seller di lazada itu bener.
  • Cari barang yang bisa bayar COD, selain aman juga kamu nggak rugi biaya. Paling rugi waktu nungguin barang nggak jelas sampai kapan :D 
  • Kalau lebih lengkapnya bisa baca disini

Semoga, Pengalaman Pahit Belanja Di Lazada.co.id ini bisa bermanfaat buat kamu-kamu semua. Dan semoga kita dikasih panjang umur dan nikmat iman dari Allah SWT. Amin...#eh

happy blogging :)


NB:
Akhirnya setelah 1 hari artikel ini dibuat, barang saya langsung dikirim. Entahlah..
NextGen Digital... Welcome to WhatsApp chat
Howdy! How can we help you today?
Type here...