Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Di kunjungi (Baturraden)


Baturraden, yups kali ini Rudy bakal ngenalin sedikit nie tentang tempat wisata yang wajib di kunjungin kota Purwokerto yaitu Batturaden, mungkin ada yang belum tau nie Tempat wisata ini oke aku jelasin dikit Baturraden adalah sebuah tujuan wisata di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia.Baturraden terletak di sebelah utara kota Purwokerto tepat di lereng sebelah selatan Gunung Slamet. Baturraden karena letaknya di lereng gunung menjadikan kawasan ini memiliki hawa yang sejuk dan cenderung sangat dingin terutama di malam hari. Baturraden juga merupakan daerah wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, terutama pada hari minggu dan hari libur nasional. Kondisi tersebut menyebabkan banyak hotel dan vila didirikan di sini. sebenernya ada apa aja sie di baturaden ini cuplikannya:

1. Pancuran 3 (Telu) dan Pancuran 7 (Pitu)

Di areal wisata Baturaden terdapat tempat pemandian air panas, ini mungkin sesuatu yang kamu ingin kunjungi. Kamu dapat mengunjungi Pancuran Pitu untuk menikmati air panas Baturaden. Suhu air di Pancuran Telu dan Pitu ini berkisar antara 60 hingga 70 derajat Celcius. Terletak 2,5 km dari lokawisata Baturaden. Tempat rekreasi ini menyuguhkan keindahan alam dan hutan yang didukung dengan adanya Pancuran 7 sebagai tempat wisata husada. Tapi sekarang pancuran ini sudah tidak terawat, dan pancurannya pun tinggal sedikit dan untuk masuk kearea ini kamu harus membayar tiket lagi.
Mandi air panas di Baturaden diyakini mampu menyembuhkan penyakit melalui terapi air panas yang ada di sana. Selain untuk merasakan kehangatan, wisatawan berkunjung ke sana juga untuk menikmati khasiat belerang untuk mengatasi berbagai penyakit kulit dan tulang.

2. Wana Wisata Baturaden

Selain pemandian air panas di Baturaden, Kamu dapat mengunjungi lokasi perkemahan. Jika Kamu ingin bermalam di Baturaden, Kamu dapat mendirikan tenda di Wana Wisata tersebut. Wana Wisata Baturaden merupakan hutan alam hijau yang sangat tepat untuk dijadikan tempat berkemah bersama keluarga atau para sahabat. Lokasi Wana Wisata ini berjarak sekitar 2 km dari pintu masuk Baturaden. Jarak ini tidaklah jauh jika ditempuh dengan berjalan kaki.

3. Telaga Sunyi

Jika Kamu ingin melihat sebuah kolam sumber air murni yang ada di kawasan wisata Baturaden, Kamu dapat mengunjungi Telaga Sunyi. Telaga Sunyi terletak +/- 3 km di sebelah timur lokawisata Baturaden. Tempat rekreasi ini menyajikan telaga yang indah dan berair dingin. Selain itu, pada musim-musim tertentu dapat dijumpai aneka warna kupu-kupu dan capung yang beterbangan di sekitar telaga. Tempat ini cocok banget buat selfie dan menikmati tenangnya air terjun. Untuk masuk kesini di kenakan biaya Rp. 8000, sudah termasuk parkir.


4. Taman Kaloka Widya Mandala

Kamu mungkin akan tertarik untuk datang ke Taman Kaloka Widya Mandala. Taman ini adalah kebun binatang di Baturaden. Terdapat sebuah museum di sana yang berfungsi sebagai tempat menyimpan kerangka satwa khas Indonesia. Selain itu ditempat ini juga terdapat taman bunga yang sempat menghebohkan karena ulah selfie anak alay yang tidak bertanggung jawab yang merusak taman bunga, semoga kejadian ini nggak terulang lagi ya.

Jika Kamu melakukan perjalanan wisata ke Baturaden dalam sebuah rombongan keluarga atau sahabat, maka taman ini akan menjadi pengalaman wisata yang menyenangkan.

5. Teater Alam Baturaden

Di kawasan wisata Baturaden, Kamu dapat menikmati pengalaman menonton yang unik. Pada sebuah teater yang merupakan pesawat terbang jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia Airways, Kamu dapat menonton tayangan-tayangan film dengan sensasi seperti sedang naik pesawat terbang. Pesawat ini berdiri tepat di samping pintu masuk Baturaden.

Tayangan film-film tersebut berisi potensi pariwisata di Banyumas serta kekayaan alam dan budaya Indonesia. Juga tersedia tayangan muatan lokal bagi siswa-siswi sekolah. Pada umumnya, setiap tayangan film berdurasi sekitar 10 menit hingga 15 menit per sesi.
Itu lah beberapa tempat menarik yang wajib dikunjungi jika kamu mampir ke Baturraden Purwokerto.
Kalau ada kurang boleh di tulis di komentar ya. Happy Holiday :)


NextGen Digital... Welcome to WhatsApp chat
Howdy! How can we help you today?
Type here...