Makanan Khas Purwokerto Paling Terkenal


Kali ini saya akan membagikan Info mengenai Makanan Kuliner Khas Purwokerto, berhubung saya pernah kuliah di Purwokerto makanya saya agak tau sedikit mengenai makanan khas yang terkenal dan cukup di minati para pecinta kuliner disini langsung dibaca ya :

Soto Sokaraja

Kata sokaraja sendiri di ambil dari daerah yang bernama “Sokaraja”. Pembeda soto ini dengan soto yang lain adalah digunakannya kuah kacang serta kerupuk dengan berbagai warna yang membuat yang membuat tampilan soto ini jadi cerah.
Soto ini dimakan dengan menggunakan ketupat yang diseduh dengan kuah kaldu yang sangat kental serta gurih, manis, menjadikan makanan ini populer di kalangan masyarakat Kota Purwokerto. Jika kamu menyantapnya pasti kepengen nambah lagi dan lagi. Ada dua jenis lauk yang dapat kamu santap lho, yaitu dengan daging ayam atau daging sapi. Harga dari Soto Sokaraja mulai dari 15000 - 25000 per porsi.



Bakmie Purwokerto

Yang membuat bakmi Purwokerto dengan kota lainnya adalah mi lebarnya lho. Jadi kalau dimakan terasa gak habis-habis.
Bakmi ini dimasak bersama bahan dan bumbu di atas tungku arang yang meemberikan aroma dan kenikmatan yang lezat. Menu dari bakmi yang bisa kamu pesan, yaitu bakmi goreng, bakmi rebus atau versi nyemek (bakmi goreng dengan kuah), oh ya jangan lupa tambahkan sambal pedas biar lebih nendang dan nikmat. Harga bakmi purwokerto bervariasi dari 15000 - 20000 per porsi



Lumpia Bom

Kalau di Kota Semarang lumpia dikenal dengan sebagai makanan ringan, bahkan uniknya di Kota Purwokerto lumpia sendiri bisa dijadikan lauk. Lumpia di Purwokerto di beri nama Lumpia Bom.
Nama itu diberikan karena ukurannya yang besar, sekitar 15-20 cm dengan diameter sekitar 4-6 cm. Makanan yang satu ini disajikan dengan nasi dan lalapan serta ditemani oleh sambal yang pedas. Isi dari lumpia ini sendiri bukan rebung, akan tetapi menggunakan berbagai sayuran yang masih segar yang di campur dengan telur, daging atau sea food. Harganya mulai dari 10000-15000 per buah.



Buntil

Sejatinya, makanan yang satu ini merupakan menu lauk ikan khas Sokaraja yang enak kalau dinikmati dengan sepiring nasi.
Makanan khas Purwokerto ini dibungkus dengan daun yang berbeda-beda ada yang dari daun pepaya, daun singkong, atau daun lumbu, isinya berupa parutan kelapa dengan bumbu yang sangat khas kemudian disiram dengan santan kental yang menggoda. 
Makanan ini sangat jarang di jumpai di kota lain, kalau pun ada saya yakin rasanya pasti kalah sama yang 1 ini. Makanan ini bisa kamu santap dengan kuah pedas santan yang akan menambah kenikmatanmu saat memakannya. Harga per buahnya mulai dari 3000 - 5000 rupiah saja.



Mendoan

Makanan Purwokerto yang asli adalah mendoan, suatu tempe goreng setengah matang dan di makan dengan meggunakan cabe rawit panas-panas. Mendoan ini dibuat dari tempe yang di potong tipis-tipis dan dibalut dengan adonan tepung bumbu, setelah itu digoreng sebentar dengan minyak panas. Paling enak, mendoan ini dinikmati saat masih panas dengan ditemani cocolan sambel kecap atau saus sambel dan cabe rawit. Nyam-nyam...
Harga dari Mendoan Purwokerto bervariasi dari 2000 - 4000 rupiah perbiji.


Dage

Mungkin ada yang belum pernah mengenal Dage, makanan ini memang belum cukup terkenal di indonesia, tapi jangan salah Dage merupakan menu wajib yang ada di bakul gorengan di purwokerto. Dage sejatinya adalah varian tempe dengan campuran material kelapa. Dage pada umumnya makan makanan kecil atau sarapan yang ditemani oleh cabai rawit . Makanan ini biasanya menjual digoreng dage bersama dengan menggoreng pisang (gedhang) goreng, dan menggoreng ubi manis atau munthul goreng.Harganya cukup murah bervariasi dari 500 - 1000 rupiah per biji.


Gudeg Purwokerto

Gudeg biasanya menunjuk makanan asli dari Yogyakarta, tetapi Purwokerto juga mempunyai gudeg yang berbeda. Gudeg purwokerto dijual sekitar jam 7 pagi dan akan dijual habis di sekitar jam 10 pagi. Gudeg ini Purwokerto, terdiri dari beberapa campuran: ayam, telor, tahu dan krecek tergantung pada piilihan mu, dan dapat di bungkus untuk dimakan di rumah

Serabi

Serabi terbuat dari campuran santan dan gula jawa yang dibakar. Rasa serabi nya adalah terkenal dan tak terlupakan juga. Kadang-Kadang, antrian yang dibentuk hanya untuk mencicipi serabi pagi-pagi. Serabi nya akan dijual habis di sekitar 7 ke 8 Pagi. Biasanya di jual didaerah yang ramai pengunjung di pagi hari dan hari libur, misal di Gor Purwokerto dan Alun-alun Purwokerto. Harga per potong serabi, mulai dari 1000 - 2000 rupiah.

Gethuk Sokaraja

Gethuk menjadi keahlian khusus makanan kecil makanan yang kelihatan seperti bola kecil dengan rasa sangat manis, gethuk banyak dijual di kota Sokaraja (sekitar bagian timur kota Purwokerto). Karena kebanyakan toko di Sokaraja menjual gethuk, Sokaraja terkenal sebagai kota gethuk. Harganya bervariasi kebanyakan menjual antara 20000 - 30000 per kilo. Kalau mau mencari makanan ini, tinggal dateng langsung ke daerah sokaraja disitu berderet puluhan toko yang menjual makanan ini, tapi siap-siap nahan debu knalpot ya soalnya daerah ini sering macet.


Nah itu Info mengenai Makanan Khas Purwokerto yang paling terkenal, mau nambahin? boleh di kolom komentar ya :)

NextGen Digital... Welcome to WhatsApp chat
Howdy! How can we help you today?
Type here...